Tumis Oncom Pawonbangbang



Oncom salah satu bahan makanan favorit saya. Harganya sangat terjangkau dan mudah diolah. Selain bisa dilumuri adonan tepung, lalu digoreng, tentu saja juaranya tumis oncom. Berikut saya sajikan resep tumis oncom praktis.

Bahan-bahan :
200 gram oncom
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabe merah (bisa ditambah sesuai selera)
1 daun bawang (bila suka bisa diganti bawang bombay)
2 sendok makan minyak untuk menumis
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Air matang secukupnya
Penyedap rasa ( bila suka)

Cara memasaknya :
Pertama haluskan atau hancurkan oncom. Saya biasanya sampai tidak bergerindil. Setelah halus, sisihkan.

Iris bawang merah, bawang putih, juga cabai merah. Potong tomat kecil-kecil, juga potong daun bawang.

Panaskan minyak. Setelah panas, masukan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Tumis sampai layu dan harum. Setelah itu, masukan oncom, aduk rata, lalu beri air.

Tambahkan garam, dan gula. Sedikit saja dulu. Kemudian koreksi rasa. Baru disesuaikan selera.
Tambahkan penyedap rasa bila suka. Jangan lupa koreksi rasa lagi. Bila air kurang, bisa ditambahkan sedikit, lalu aduk rata.

Terakhir masukan potongan tomat dan daun bawang (atau bawang bombay), lalu aduk rata, dan matang. Tumis oncom siap disantap. Selamat mencoba.


Catatan tambahan :
Resep ini bisa ditambahkan leuncah. Berhubung saya kurang suka, maka saya tidak pakai.
Tidak perlu memakai daun bawang dan bawang bombay bersamaan. Cukup pilih salah satunya saja. Bila tidak suka keduanya, tak perlu digunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tumis Oncom Pawonbangbang"

Post a Comment