Biar Jagung Muda Gampang dipipil

 
                              


Ternyata jagung muda manis itu susah untuk dipipil. Ini saya alami saat akan membuat Jasuke atau jagung Susu Keju. Mungkin karena teksturnya masih sanga muda, jadi pas diperintil pecah.

Padahal awalnya Saya kira, jagung muda itu dipipil seperti jagung tua. Bisa langsung dari 1 buah jagung utuh dan dari bonggolnya. Pas saya coba, jagungnya pecah. Mungkin cara memperlakukan jagung tua dan jagung muda juga beda caranya ya... hahahah...


Saya pun kepikiran jagung muda itu disisir saja. Tapi tidak jadi. Soalnya kalau disisir, nanti tidak utuh, dan jagungnya pasti tidak enak lagi dibikin Jasuke.Beda kalau bikin perkedel atau bakwan jagung.





Lalu tiba-tiba saya ada akal. Jagung itu lalu saya bagi jadi 3 bagian. Ini biar memudahkan saat proses memipil jagung muda.




Selanjutnya, saya mulai pipil dari sisi bagian yang dibelah. Pipilnya satu-satu butir dan cukup dua baris saja.





Nah, hasilnya akan seperti foto di atas. Pada proses ini, memang ada 2-3 butir jagung yang pecah atau hancur. 





Bila dua baris jagung sudah dipipil, maka bisa dipipil jagung dengan cara biasa, yaitu jagung dipipil dari samping. Proses pipil jagung pun cepat dan mudah. Jagung muda manis yang dipipil tidak akan hancur.

Jagung muda manis siap dibuat Jasuke atau bahan makanan lain yang menggunakan jagung muda manis pipil. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Biar Jagung Muda Gampang dipipil"

  1. Replies
    1. Iya, Mbak Agustina.
      Kemarin saya lupa foto.
      Nanti besok saya beli jagung muda dan lengkapi fotonya, Mbak hehehe

      Delete
  2. Mipilnya pakai tangan atau pakai alat, seperti pisau

    ReplyDelete