Bakso Keriting Ceria

                            


Semua sudah pada tahu kan, kalau saya itu suka sekali makan bakso. Pokoknya tiada seminggu tanpa bakso. Bahkan bakso itu salah satu yang menambah semangat saya menulis hahahaha...

Nah, selama ini, kalau ingin makan bakso, paling langsung beli di warung bakso atau bakso instan. Kalau rajin, saya ke pasar saja beli daging, lalu sekalian minta digiling. Di rumah tinggal dibuletin dan direbus hehehe.



Cuma kemarin ada dapat daging kurban, maka saya pun bereksperimen bikin bakso keriting. Bakso keriting ini mengingatkan saya pada penjual bakso yang gerobaknya kecil. Dan salah satu baksonya keriting. Biasanya kan bakso urat atau bakso halus.

Yuk, yang penasaran ingin tahu resepnya. Cara buatnya juga mudah kok.

Bahan :
500 gram daging sapi
200 gram tepung tapioka (kalau tidak ada, bisa diganti kanji)
3 siung bawang putih
5 butir merica/ bisa merica bubuk
1 butir telur ayam
1 batang daun seledri
Bubuk Instan rasa Ayam
Garam secukupnya

Cara membuatnya :
Cincang halus daging. Saya hanya menggunakan pisau, agar teksturnya tetap kasar. Dan inilah yang membuat bakso jadi keriting hehehe. Setelah halus, sisihkan

Ulek bawang putih, beserta garam dan merica. Kalau mericanya bubuk, bisa ditambah saat adonan bakso diuleni. Lalu tumis bumbu. Bisa juga bumbu tidak ditumis, tapi rasa bawang putihnya sangat kuat. Rasa bawang putih rasanya terus tertinggal di mulut hehehe.

Campurkan bumbu dengan daging. Kalau pakai merica bubuk, baru masukkan merica. Masukkan bubuk instan rasa ayam secukupnya dulu.

Iris daun seledri, lalu campurkan ke adonan.

Setelah itu, masukkan telur. Lalu aduk lagi sampai rata. Terakhir baru tepung tapioka atau kanji sedikit demi sedikit, diaduk terus sampai kalis.

Panaskan air dalam panci. Tunggu sampai mendidih. Kemudian bentuk bakso. Karena ini tekstur dagingnya masih kasar, maka bisa cetak gunakan dua sendok, atau bisa juga dibuletin pakai tangan.
Tunggu sampai mengapung, lalu angkat. Rendam sebentar di air, agar lendirnya hilang. Terus tiriskan.

Saat panas, bakso ini memang agak lembek, tapi saat dingin tektusnya akan padat.
Bakso keriting, siap disantap. Bisa pakai mie instan. Bisa juga digoreng. Selamat mencoba...

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bakso Keriting Ceria"

Post a Comment